headline photo

Congklak-Permainan Tradisional Indonesia

Sabtu, 30 Januari 2010

Kode iklan, banner, pesan atau apapun di pasang disini!mura ! loh

Conglak, Permainan Tradisional Indonesia

Permainan tradisional Indonesia disebut Congklak memiliki akar kuno di Afrika dan dunia Arab
Salah satu hal yang menarik tentang hidup di Indonesia
adalah penemuan bit dari budaya Indonesia yang sebenarnya tidak semua di Indonesia, tetapi berasal dalam tanah. Untuk
abad, kepulauan Indonesia telah dikunjungi oleh pedagang dari berbagai penjuru dunia yang datang untuk membeli rempah-rempah dan kekayaan pertanian lainnya. Manfaat keragaman budaya Indonesia oleh banyak orang yang lulus melalui nusantara, karena Indonesia lokasi di sepanjang rute utama perdagangan antara Eropa dan Asia.
Bersama-sama dengan barang-barang mereka dibawa ke menjual, pedagang ini membawa budaya bersama mereka juga. Ini termasuk agama, bahasa, makanan dan tekstil tradisi. Tertulis tentang kurang dari rempah-rempah, keramik dan pakaian dr sutera, bagaimanapun, adalah permainan yang dibawa ke Indonesia oleh wisatawan selama berabad-abad.

Asal usul Congklak
Congklak memiliki asal Afrika atau baik di dunia Arab, tergantung dari teori sarjana yang Anda memilih untuk percaya. Beberapa bukti tertua ditemukan di Nasional
Geografis disponsori tempat penggalian arkeologi dating kembali ke 7000 ke 5000 SM hadir dalam hari-Yordania. Excavations dari rumah terbongkar kapur yang kental dengan dua barisan paralel circular depressions. Tata letak yang mudah dikenali ke archaeologist di gali sebagai Congklak papan bermain. Murray, yang dicatat sarjana, untuk pelaksanaan program yang berasal dari Mesir kuno Empire Umur (tentang 15-11-abad sebelum masehi). Banyak ahli menduga bahwa Congklak Mei sebenarnya merupakan permainan papan tertua lamanya.
Tercatat paling awal tulisan-tulisan yang menggambarkan permainan yang ditemukan di referensi ke mancala teks agama di Arab dating ke abad. Beberapa sarjana percaya bahwa permainan berasal di Timur Tengah dan dari sana tersebar ke Afrika. Kemudian, permainan menyebar ke Asia dengan pedagang Arab dan datang ke Karibia sekitar 1640 melalui perdagangan budak Afrika. Tenaga ahli lainnya di tempat yang asal Afrika Tengah.

Saat ini, permainan ini dikenal oleh banyak nama di seluruh dunia. Nama ini diambil dari budaya lokal dengan menggunakan kata-kata yang mencerminkan tempat permainan dimainkan, dengan cara yang unggul, modus dari bermain dan papan atau counter digunakan. Hal ini disebut dalam bahasa Inggris sebagai Hitung dan Ambil.

Di negara-negara Arab, yang paling umum adalah nama mancala (bahasa Arab arti kata dalam bahasa Inggris “untuk berpindah”). Di beberapa negara Afrika Barat yang depressions di papan yang disebut sebagai Warri atau Awari, yang berarti rumah, sehingga ia memberi nama Wari. Permainan di Indonesia dikenal sebagai Adi, yang juga merupakan nama dari bibit yang digunakan untuk main game.
Karena popularitas yang luas, para telah mengembangkan berbagai situs web dokumentasi berbagai versi dari permainan.

Congklak di Indonesia
Bahkan di Indonesia, Congklak dikenal oleh berbagai nama dari daerah ke daerah. Nama yang paling umum, Congklak, diambil dari cowrie shell, yang umumnya digunakan untuk
main game. Di Malaysia, yang dikenal sebagai permainan congkak, nama yang banyak digunakan di provinsi Sumatra juga. Di Jawa, permainan ini dikenal sebagai Congklak, dakon, dhakon atau dhakonan. Di Lampung, permainan disebut, dentuman lamban. Di Sulawesi, permainan yang disebut sebagai Mokaotan, Maggaleceng, Aggalacang dan Nogarata.
Congklak referensi historis untuk merujuk pada permainan yang dimainkan oleh remaja putri dari bangsawan Jawa. Hal ini kemungkinan besar pedagang yang asing, karena dekat dengan kelas atas, Congklak diperkenalkan kepada mereka. Dengan petikan waktu, Congkla ’s popularitas tumbuh hingga kini banyak dimainkan oleh masyarakat umum juga. Di sebagian besar daerah, bermain Congklak dibatasi untuk remaja putri, remaja dan perempuan dalam waktu senggang mereka dan dilihat sebagai ‘girl’s permainan’. Hanya di beberapa daerah adalah Congklak dimainkan oleh laki-laki dan anak laki-laki juga.
Di Sulawesi, sejarah, permainan ini hanya untuk bermain selama masa kecil hati, setelah kematian seorang kekasih. Ia dianggap tabu untuk main game di lain waktu. Di Jawa Tengah, dalam pra-sejarah kali, Congklak digunakan oleh petani untuk menghitung musim, untuk tahu kapan untuk tanaman dan panen, serta untuk memprediksi masa depan.

Permainan Papan Congklak
Pemutaran papan yang terbuat dari kayu, dengan variasi dari pulau ke pulau dalam jumlah
lubang pada masing-masing pihak, baik 5, 6, 7or 9 lubang. Semua papan ada dua ‘rumah toko’ hole, satu pada setiap akhir. Desain yang berbeda dari yang sederhana, lugas hutan, ke kapal-berbentuk papan, untuk bermain sangat dihiasi papan. Di Jawa Tengah, rumit desain memanfaatkan Jawa naga (naga) yang umum. Dragons dari wajah kedua berakhir, dengan ekor dekorasi bagian samping papan dan kaki suspending board up off the floor. Congklak papan elaborately dapat diukir dan dilukis dengan emas dan warna merah yang populer. Sebagian besar, namun yang relatif sederhana yang terbuat dari kayu.
Seperti pada arkeologi menemukan di Yordania, tambang di Mojokerto, Lamongan dan Bondowoso di Jawa Timur ada unearthed Congklak ‘papan’ diukir ke dalam lubang dengan batu besar. Ini yang ditemukan bersama-sama dengan potongan-potongan yang rusak dan batu-batu candi lainnya arkeologi sisa-sisa waktu sebelumnya.

Sumber: http://www.expat.or.id/info/congklak.html

0 komentar:

Posting Komentar

 
Notification
Chat

Chat

Sekilas Info